Tuesday, March 20, 2007

Rhododendron javanicum (Blume) Benn

Memanfaatkan libur Nyepi, dengan berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Sebetulnya mau mengeksplore lebih banyak tumbuh-tumbuhan yang ada disini dan memperkenalkannya ke anak-anak. Tapi sayang cuaca tidak mendukung. Hujan terus, tidak henti-henti. Tetapi ada beberapa tanaman bunga yang sempat saya dokumentasikan, dan rencananya nanti akan dibuat blog khusus untuk tanaman hias. Sekedar menyalurkan hobby photography, keanekaragam hayati dan blog. Cocok dech.
Salah satunya yaitu Rhododendron javanicum. Berikut informasi dari tanaman tersebut. Tumbuhan ini termasuk ke dalam suku Ericaceae, tersebar di kawasan Malesia khususnya Pulau Sumatera, Kepulauan Natuna, hingga Pulau Jawa dan Bali. Merupakan tumbuhan epifit di kawasan hutan primer dan sekunder, juga terdapat di daerah dekat kawah gunung. Tumbuh pada ketinggian 800 – 2400 dpl. Jenis ini ditanam orang sebagai tanaman hias.
This beautiful shrub belongs to the family Ericaceae. This plant is distributed in Melesian region, particularly Sumatra (including Natunan Islands), Java and Bali. This species is found at 800 – 2400 m above sea level, grows in primary and secondary forests, also near craters. Mostly epiphyte. It is planted as an ornamental plant.

No comments: